Wednesday, October 31, 2018

4 hal ini yang bikin Rindu Batu Ampar, menurut kamu??


Daerahnya

Nah ngomongin daerah, nih kenapa bikin Rindu karena Batu Ampar walaupun jauh jarak tempuhnya baik dari ibukota kabupaten atau provinsi, tapi setiap perjalannya akan disuguhkan dengan keindahan aliran sungai panjang, kemudian melalui lautan yang dihiasi dengan bukit-bukit kecil serta banyaknya jermal-jermal.

Sesampainya di Dermaga Desa Batu Ampar langsung disambut dengan deretan perbukitan dengan tinggi beragam dari 200-1000 Mdpl, yang masih nampak hijau.


Tak lupa juga deretan rumah-rumah masyarakat yang mulai berjejer ramai memenuhi tepian muara Batu Ampar.
Nah selain itu juga Daerahnya menyajikan beragam potensi Wisata diantaranya ada Wisata Bukit kamu bisa mendaki beberapa bukit di Batu Ampar, salah satunya yang bikin Rindu adalah Bukit/Gunung Bungkuk, dengan ketinggian berkisar 1000Mdpl, kamu bisa menikmati Pulau Batu Ampar dari ketinggian.
Pantainya yang dirindu ada pantai Tasik dan deretan pantai di Desa Padang Tikar, serta pantai Tanjung Manggis, untuk menempuhnya perlu tantangan tersendiri dan ini yang menjadikan nikmatnya perjalanan menuju beberapa titik wisata pantai di Batu Ampar.

Masyarakatnya
Ngomongin Masyarakat Batu Ampar nih terdiri dari beragam suku dan agama, disana ada Suku Melayu, Jawa, Bugis, Cina, Madura dan berbagai suku yang lainnya, tapi walaupun berbeda-beda suku ketika kita disana kita akan merasakan keramahan Masyarakatnya, apalagi kalau udah masuk ke desa-desa bisa tanyain sama mahasiswa yang pernah ppl di daerah sana kesannya untuk membuktikan, dan bagi kita sendiri ini yang bikin kita rindu. hehe

Makanannya
Nah Ngomongin makanan juga dengan letak Batu Ampar yang berbatasan dengan laut dan sungai menjadi kan Batu Ampar kaya potensi hasil laut diantaranya ikan-ikan segar, kepiting baik laut maupun , sungai hingga kepiting bakau yang dibudidayakan, atau hasil olahannya ada Ikan asin, belacan/ terasi, cencalok dll.
Nah selain itu disana banyak juga masyarakat yang bercocok tanam, jadi kamu bisa menikmati beragam olahan hasil pertanian, misal yang paling terkenal adalah Salai Pisang, dan beragam makanan/kue yang bisa dinikmati.


Budayanya
Nah karena kondisi Masyarakat yang beragam di Batu Ampar otomatis budayanya juga beragam, yang paling di rindu adalah ada budaya jawa kuda lumping, janengan, dll.

Nah kira-kira adap lagi ndak yang bikin rindu????

(Anggun Arianto, SE)

0 comments:

Post a Comment