Wednesday, February 22, 2017

Menakjubkan, Pembukaan Ekowisata Hutan Mangrove terbaik dunia di Batu Ampar

Pemandangan dari Lokasi Taman Ekowisata Mangrove, Batu Ampar Kubu Raya
Kubur Raya adalah sebuah Kabupaten termuda di Kalimantan Barat, dengan Wilayah yang cukup luas dan terpisah jarak oleh sungai dan lautan, selain itu juga Hutan di Kabupaten Kubu Raya masih begitu terjaga, utamanya hutan Mangrove, Apalagi beberapa waktu lalu Potensi hutan bakau alias mangrove Kabupaten Kubu Raya mendapat predikat terbaik di dunia versi majalahLinkers Citilink Edisi Maret 2016 dan Ekspressair Magazine. Dan hutan mangrove semakin di kenal Masyarakat Luas karena Pada Sail Selat Karimata 2016, para peserta melintasi perairan Kubu dan Batu Ampar, di mana terdapat keindahan alam hutan bakau Kubu Raya yang masih alami.
Salah satu Banguna yang bakalan menghiasi lokasi wisata Mangrove
Oleh karena itu Masyarakat melalui Perangkat Desa dan LPHD Desa Batu Ampar mengembangkan Hutan Desa salah satunya Hutan Mangrove menjadi ekowisata Hutan Mngrove hingga 19 Februari 2017 proses pembangunan masih di lakukan dimana di sini dibangun lokasi jalan setapak menelusuri hutan bakau menggunakan papan dan kayu,selain itu juga di bangun pondok untuk beristirahat, lokasi tepatnya di  daerah pulau panjang Berada diseberang Sungai Limau,untuk menuju jika dari Pusat kecamatan Batu Ampar harus menyeberang menggunakan motor air dan akan di kenai biaya yang terjangkau,sedangkan saat sampai di lokasi untuk memasukinya tidak perlu membayarnya, untuk peresmian sendiri akan dilaksakanan tanggal 24 Ferbruari 2017, hal ini di katakan salah satu Masyarakat Desa Batu Ampar Zull Lians saat menjawab beberapa pertanyaan dari Masyarakat yang penasaran melalu akun facebooknya di grup facebook Batu Ampar, Kubu Raya, Indonesia "sesuai pesanan mas...lagi kejar tayang,datanglah kesini acara peresmian tgl 24 bln ini (red: februari)".
Jalan menelusuri Hutan Mangrove yang lebat
Beberapa Masyarakat juga mulai tertarik dan penasaran dan bertanya-tanya, "daerah manenye tu bg Zull Lians" tanya akun Nevie Santana, begitu juga beberapa orang yang bertanya-tanya akan lokasi wisata mangrove ini. Sebagian lagi menanggapi dengan kalimat semangat dan masukan seperti akun Syahbandi Sidik "mantap,,, cuma kalau bisa dengan bahan yang lebih baik lagi bg zulian,, biar dpt lama dinikmati,,,hehehe", "kayu belian ke bukan tu? kalo bukan percume jak tu, sebentar ancor" dari akun Teguh , dan di jawab oleh Syahbandi Sidik "beli an lah bos ade gak yang NEBANG", beberapa juga berharap agar pembangunan ini dapat memajukan daerah Batu Ampar, seperti yang dikatakan Lovely Sweet "Amin semga lancr smga bt ampar tmbh maju".
Melalui akunya juga Bg Zul panggilan Akrabnya menjawab "Bagi masyarakat yg ingin tahu tentng informasi HUTAN DESA dan WISATA MANGROOVE ,silahkan ke kantor desa,atau lembaga LPHD desa Batu ampar".
Masyaratakat yang bekerja membangun lokasi wisata
Bagi Masyarakat Umum yang ingin menuju daerah ini dan menikmati Wisata Mangrove, terbaik di Dunia, bisa langsung mengunjungi  Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya.
Menuju Daerah ini bisa menggunakan Speedboat atau Motor Air (Motor Klotok), bisa melalui Pelabuhan Senghie Pontianak atau melalui Pelabuhan Rasau Jaya. Waktu yang di tempuh sendiri tergantung kendaraan yang di gunakan, jika menggunakan Speedboat maksimal 3 jam sudah sampai di Batu Ampar, sedangkan menggunakan Motor klotok bisa mencapai 6-8 Jam tergantung dari pelabuhan Senghie atau Rasau Jaya, jika telah sampai di Batu Ampar, bagi yang ingin mengiap bisa dipenginapan yang ada di Batu Ampar .(Akh)

Salah satu pengguna kendaraan air yang di gunakan menuju lokasi wisata dari Batu Ampar

Lokasi dilihat dari tepian sungai

Masyarakat yang ikut serta dalam pembanunan lokasi

Jalur yang mendukung perjalanan menelusuri hutan Bakau

Pembukaan lahan awal

Masyarakat yang menanam benih bakau, demi kelangsungan hutan Mangrove

11 comments:

  1. Mantap.....batu ampar punya ekowisata hutan bakau.semoga tambah maju...

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya, hutan bakau terbaik di dunia ada di Kubu Raya... Pengen sesekali ke batu ampar tapi karena bukan orang pontianak gak tau jalan nya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan ada kemauan, pastinya ada jalan mbak Siti.
      Kita bisa bantu guide sampai ke Batu Ampar, In sya Allah.
      Bisa hubungi Kontak yang ada.

      Delete
  3. Mantap. Kurang lebih dengan Sepok Laut, hutannye.

    ReplyDelete
  4. saye belom pernah kesini nih,,, semoga kalbar semakin jaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin Silahkan berkunjung..
      Kami menanti kunjungannya..

      Delete
  5. Amin semoga banyak wisatawan dari luar datang biar batu ampar banayak dikenal masyarakat luas

    ReplyDelete
  6. Lestarikan Mangrove Kalbar ..
    https://posmusica.wordpress.com/2017/11/02/wisata-mangrove-mangroves-for-borneo/

    ReplyDelete