Friday, February 24, 2017

Mengesankan, perkemahan Pramuka dengan peserta terbanyak di Batu Ampar

Upacara Pembukaan, Walaupun Lapangan Tergenang Air peserta tetap semangat mengikuti upacara
160 Tahun lalu Bapak Pramuka Dunia Robert Baden Powell di lahirkan, beliaulah yang telah mencetuskan gerakan Pramuka dan sekarang gerakan ini telah tersebar ke seluruh dunia, telah mengakar di setiap negara-negara, disetiap sekolah mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMA baik di Perkotaan hingga perdesaan, bukan hanya itu gerakan ini juga ada di universitas-universitas.
Perwakilan Sekolah dan Gugus Depan se Kecamatan Batu Ampar

 Di Indonesia sendiri gerakan Pramuka ini mempunya sejarah yang panjang Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda)Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926.
Kegiatan Jelajah Alam
Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Berdasarkan UU ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.
Gerakan Pramuka ini juga ada di sebuah daerah di Kubu Raya, tepatnya di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya, Kalimatan Barat. Tepatnya di SMPN 2 Batu Ampar, yang baru saja  mengadakan kegiatan Perkemahan Akbar beberapa waktu lalu, dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 19 Februari 2017 kegiatan ini merupakan Perkemahan Gabungan  dari  Beberapa Sekolah dan GUDEP yang ada di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya
Api Unggun menghiasi malam perkemahan
Dengan Jumlah Peserta dan Panitia yang terlibat dalam Perkemahan Ini kurang lebih 580 Orang, kegiatan ini merupakan perkemahan terbesar yang pernah di adakan dengan jumlah peserta terbanyak. Kegiatan selama tiga hari dua malam ini di isi dengan kegiatan perkemahan, Jelajah dan Api Unggun.
Penyalaan Kembang Api
Melalui kegiatan perkemahan ini diharapkan peserta mampu menjadi siswa yang mandiri, tanggap dan berkepribadian mulia. (Akh)

0 comments:

Post a Comment