Wednesday, July 20, 2016

Kecamatan Batu Ampar Fokus Jaga Sumber Daya Alam


Hutan Manggrove

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Camat Batu Ampar, Supriady mengaku sejak menjabat sebagai camat di tahun 2013 dirinya sangat konsentrasi dengan pelestarian sumber daya alam seperti manggrove, bekantan, dan juga pesut.
“Kalau kita bicara pesut, pesut itu adalah hewan yang sangat di lindungi, dan saya sudah sampaikan ke WWF sekitar tiga minggu yang lalu saat kegiatan pelestarian manggrove dan monitoring pesut agar pesut menjadi ikon Kubu Raya,” jelasnya, Kamis (28/4).
Ikan Pesut
Menurut dia banyak anggapan dari masyarakat kalau pesut itu adalah ikan, padahal pesut bukan ikan walau hidupnya di air, dan pesut tergolong hewan mamalia.
Dikatakannya, kalau pesut adalah tergolong hewan yang sangat cerdas, dan sangat sensitif terhadap kerusakan lingkungan.
“Setahu saya keberadaan pesut di Indonesia hanya ada di dua daerah, yaitu di Mahakam dan di Batu Ampar. Untuk itu saya berharap agar Pemerintah Kubu Raya menaruh perhatian terhadap pesut, atau bisa juga pesut dijadikan Ikon Kubu Raya,” ucapnya.
Dirinya sebagai camat juga tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti pentingnya untuk menjaga pelestarian manggrove, termasuk menjaga hewan-hewan langka yang ada di dalam hutan manggrove itu.
Bekantan
“Untuk kedepan memang perlu untuk lebih di efektifkan pemahaman kepada masyarakat dalam bentuk brosur atau ada kegiatan khusus yang dampaknya besar sekali untuk menegaskan kepada masyarakat untuk melestarikan lingkungan,” sebutnya.
Apalagi, katanya masyarakat belum memahami secara luas kalau pesut adalah hewan langka yang harus dilindungi dan dilestarikan keberadaannya.
“Pernah terjadi ada masyarakat yang memotong-motong hewan pesut yang rencananya akan dijual ke pasar Flamboyan, namun kebetulan pada saat itu ada pihak dari WWF yang kemudian menahan upaya warga tersebut,” ucapnya.
(Faisal/Dede)
Sumber: http://thetanjungpuratimes.com/2016/04/29/kecamatan-batu-ampar-fokus-jaga-sumber-daya-alam/

0 comments:

Post a Comment