Friday, April 8, 2016

Pendaftaran Maba UNTAN 2016/2017


Bismilah.
Assalamu'alaikum,
Selamat pagi teman-teman, nah buat kamu yang baru saja selesai mengikuti UN bukan berarti segalanya telah berakhir ya, tapi masih banyak hal yang kamu perjuangkan, salah satunya pendidikan.
Nah buat kamu yang selesai UN tinggkat SMA/MA Sederajat yang pengin melanjutkan Pendidikannya lebih tinggi, Admin sekilas mau berbagi Informasi dengan penerimaan MAHASISWA BARU (MABA) di salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang sudah terkenal di Kalimantan Barat yaitu Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak,silahkan di baca dan di pelajari.

Sekilas Tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Universitas Tanjungpura atau sering disingkat dengan UNTAN adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Pontianak, Kalimantan Timur, Indonesia.

Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah didirikan pada 20 Mei 1959. Salah satu ciri Universitas Tanjungpura (UNTAN) adalah adanya Tugu Digulis atau yang disebut juga sebagai Bundaran UNTAN yang berada di bagian depan kampus.

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN) yaitu
  1. Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  2. Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi,dan Ekonomi Islam.
  3. Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan,
  4. Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro S1, Teknik Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Sipil S1, Arsitektur S1, Teknik Lingkungan S1, Teknik Mesin S1, Teknik Kimia S1, Teknik Kelautan S1, Teknik Pertambangan S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Teknik Sipil S2, Teknik Elektro S2
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi.
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan PGSD, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan PG-PAUD, Pendidikan Biologi.
  7. Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Kehutanan
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
  9. Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran, Farmasi, Keperawatan
10.    Itulah sekilas tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN). Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan kita tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN). Baiklah, kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN). 

Pada tahun ini,Universitas Tanjungpura (UNTAN) membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang pendaftarannya dilakukan secara online. Jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) diantaranya adalah jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur SCMB, jalur Kerjasama, dan jalur Bidikmisi.

Dengan banyaknya jalur penerimaan calon mahasiswa baru tersebut, maka membuka peluang yang besar bagi anda yang ingin bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN). Tentu saja hal tersebut tidak karena harus bersaing dengan peserta lain yang sama-sama mempunyai keinginan untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN). Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar keinginan anda bisa tercapai.

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN). Simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNTAN

Jalur penerimaan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh setiap perguruan tinggi negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan seleksi jalur SNMPTN adalah Universitas Tanjungpura (UNTAN). SNMPTN merupakan jalur seleksi nasioanl yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolahnya dengan didasarkan pada nilai raport dan prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan dengan 2 cara, yaitu (1) pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa melalui alamat pdss.snmptn.ac.id, (2) Pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id

Penjelasan mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, tahapan seleksi, nama-nama PTN pilihan, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNTAN

Seperti SNMPTN, UNTAN juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN.

SBMPTN juga merupakan jalur seleksi nasional yang digunakan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai kualitas baik yang diprediksikan akan mampu menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dengan tepat waktu.

Ujian dilakukan secara tertulis untuk semua calon mahasiswa dan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa yang mengambil bidang Seni dan Olahraga.

Berikut ini akan dijelaskan tata cara pendaftran online SBMPTN.
  1. Buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.or.id
  2. Lakukan pengisian data awal dan cetak kartu pengisian data awal jika telah mengisinya
  3. Bawa kartu tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank
  4. Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  5. Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.or.id
  6. Melakukan pengisian data, saat memilih Universitas, Pilih UNTAN.
  7. Mencetak kartu tanda peserta.
  8. Membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian. 
9.     Catatan!!! Calon mahasiswa baru pendaftar bidikmisi tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, karena KAP dan PIN bisa didapatkan setelah mengisi data pendaftaran Bidikmisi.

Taa cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, persyaratan, jenis ujian, kelompok ujian, materi ujian, serta ketentuan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN

Jalur Mandiri UNTAN merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara khusus oleh panitia Universitas Tanjungpura (UNTAN). Jalur ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang memiliki kemampuan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yang diminatinya serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ujian yang akan diberikan berupa ujian tertulis dan ujian keterampilan untuk program studi Olahraga, Seni Tari dan Musik. Jenis Tes yang akan diujian terdiri dari beberapa jenis yaitu:
  1. Tes Potensi Akademik (TPA).
  2. Tes Kemampuan IPA, terdiri atas : Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan IPS, terdiri atas : Sejarah, Geografi, Ekonomi dan IPS terpadu
  4. Tes Kemampuan Bahasa, terdiri atas : Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
5.       Keterangan lain yang dibutuhkan bisa dibaca diwebsite UNTAN. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi UNTAN yaitu http://scmb.untan.ac.id/. Untuk jadwal klik disini.

4. Pendaftaran Bidikmisi UNTAN

Bidikmisi merupakan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa tersebut mempunyai prestasi yang unggul di sekolahnya.

Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat  website resminya yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan serta ketentuan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTAN

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, UNTAN juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UNTAN, silahkan daftarkan diri anda. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui alamat www.untan.ac.id . Untuk jadwal klik disini.

Nah gimana?
Tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, silahkan langsung saja lakukan pendaftaran, jangan lewatkan kesempatan ini ya.
Ingat Pendidikan itu memang mengeluarkan banyak biaya, tetapi Pendidikan adalah Investasi terbaik untuk kita kedepannya.
Salam Sukses.
Repost by:
Anggun Arianto (Mahasiswa Fakultas Ekonomi Untan)

Sumber: http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-untan.html


0 comments:

Post a Comment