Saturday, July 4, 2020

Berkunjung ke Kecamatan Batu Ampar? Ini Tempat yang wajib di Kunjungi!!! bagian 1

Batu Ampar (3/7/2020) - Kecamatan Batu Ampar adalah salah satu Kecamatan yang Berada diKabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Kecamatan yang berada di ujung Pulau Kalimantan ini berbatasan dengan beberapa Kabupaten, Kabupaten Ketapang, Kayong hingga Sanggu.
Berkunjung ke Batu Ampar tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi beberapa tempat berikut untuk menikmati keindahan Alamnya.
Berikut Rangkuman Beberapa Tempat yang bisa dijadikan tujuan jika berada diBatu Ampar:
  1. Dermaga Desa Batu Ampar.
Pemandangan Tepian Dermaga Desa Batu Ampar, Kubu Raya.

Dermaga Desa Batu Ampar tepat berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kubu Raya Kalimantan Barat.
Dermaga Batu AmparyAmpar mempunyai sejarah besar pusat pemberhentian sejak dulu hingga sekarang.
Dahulu Dermaga Batu Ampar, sebagai Dermaga Utama pemberhentian Kapal pengangkut Kayu dan Kapal Pengangkut Tenaga Kerja saat Usaha Kayu masih cukup besar diWilayah Desa Batu Ampar, yang Masyarakat Sekitar menyebutnya Soumill.
Hingga kini pun Dermaga Batu Ampar masih cukup terkenal walau usaha Soumil tidak lagi beroperasi di Wilayah Desa Batu Ampar, hal ini dikarenakan beberapa Kapal Barang dan Penumpang menuju Daerah Kayong dan Ketapang sering singgah di Dermaga ini.
Selain sebagai Pusat Kegiatan Transportasi Kelautan, Dermaga Batu Ampar juga menyajikan Panorama Alam yang sangat memukau, mulai dari hamparan langit biru dan sungai yang membentang luas, dibalut dengan Hijaunya Bukit-bukit yang menjulang tinggi serta Lebatnya Hutan Mangrove.
Keindahan Dermaga Batu Ampar sangat cocok dinikmati pemandangannya saat Pagi dan Sore hari menjelang Matahari Terbenam.
Karena Dermaga Batu Ampar adalah Pintu utama masuk ke beberapa Daerah di Kecamatan Batu Ampar, melalui Laut atau sungai, Dermaga Batu Ampar bisa dituju dengan menggunakan Speed Boat selama 2,5 Jam dari Pelabuhan Rasau Jaya, atau menggunakan Kendaraan yang lebih besar seperti Motor Klotok dengan jarak waktu 6-7 Jam.
Setelah sampai di Dermaga Batu Ampar, bisa menginap dibeberapa Penginapan yang tersedia diDermaga Batu Ampar.

  1. Hutan Lindung Kecamatan Batu Ampar.
Beberapa Pendaki yang melewati Hutan Lindung Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya.
Hutan Lindung Kecamatan Batu Ampar terbentang cukup luas, mulai dari Hutan Kayu hingga Bakau atau Mangrove.
Hutan lindung sendiri dijamin dalam undang-undang dalam hal batasan pengelolaan, hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian Alam di wilayah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya.
Hutan Lindung bisa dijelajahi dengan berjalan kaki, tentunya harus ditemani oleh Masyarakat sekitar yang berpengalaman agar tidak tersesat di lebatnya Hutan Kecamatan Batu Ampar.
Hutan lindung sendiri tersebar dibeberapa Desa diKecamatan Batu Ampar.
  1. Puncak Gunung Bungkuk.
Pemandangan dari Puncak Gunung Bungkuk di Pagi Hari.
Gunung Bungkuk atau Bungkok berada di Dusun Gunung Bungkuk Desa Tanjung Harapan, berbatasan langsung dengan Desa Teluk Nibung.
Menuju Gunong Bungkuk Bisa menggunakan Darat selama 1 Jam lebih jika melalui Dermaga Batu Ampar, diperjalanan akan melalui berbagai Dusun Mulai dari Batu Ampar, Kemuning, Setia Baru sampailah di Dusun Gunung Bungkok.
Untuk mencapai puncak Traveler bisa menempuh ketinggian +- 1200 MDPl, dengan waktu lebih kurang 2 Jam.
Jangan lupa membawa perbekalan terutama Air dikarenakan gunung ini tidak tersedia Mata Air, tidak seperti gunung2 Pada Umumnya.
Traveler juga bisa berkemah di Gunung ini untuk menikmati suasana Sore, Malam dan Saat Matahari Terbit dari Balik Gunung.
(Bersambung)

Penulis: Anggun Arianto
Foto: Zul & Gunawan

1 comments:

  1. Kok desa bangun harjo gak disebut ya.. 😎😎😎

    ReplyDelete